MEMPERTAHANKAN IDENTITAS ETNIS: KASUS ORANG JAWA DI DESA LESTARI, KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

Iriani Iriani

Abstract


Tulisan ini mendeskripsikan dan menganalisis identitas etnis orang Jawa di tengah keberagaman budaya. Proses pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri atas proses observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang Jawa di permukiman transmigrasi sudah lama berinterkasi dengan berbagai macam etnis, seperti Bali, Lombok, Bugis, Luwu, dan Toraja yang berada di Desa Lestari, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur. Keberagaman etnis di permukiman transmigrasi tersebut tidak membuat orang Jawa kehilangan identitas. Mereka selalu berusaha mempertahankan identitas kejawaannnya, seperti bahasa yang mereka gunakan, kepercayaan kepada hal-hal gaib, dan makanan tradisional yang mereka miliki. Dalam perkembangannya, orang Jawa mengadopsi adat-istidat orang Bugis yang dianggap tidak bertentangan dengan budaya dan keyakinan mereka, sehingga turut memperkaya budaya orang Jawa yang ada di Desa Lestari.

Keywords


identitas etnis; orang Jawa; transmigrasi; interaksi

Full Text:

PDF

References


Barth. 2016. Batasan Sosial Etnik:Bagaimana Mengartikan Kelompok Etnik Menurut Barth, diakses pada 24 Maret 2018.

Charras, Muriel. 1997. Dari Hutan Angker Hingga Tumbuhan Dewata, Transmigrasi di Indonesia Otang Bali di Sulawesi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Iriani. 2015. Hubungan Sosial PascaKonflik di Baebunta, Makassar: Refleksi.

Lampe, Munsi. 2000. Keragaman Etnis dan Integrasi Nasional, Manusia dan Kebudayaan, dan Pembangunan, Laboratorium Pembangunan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Molan, Benyamin. 2015. Multikulturalisme Cerdas Membangun Hidup Bersama yang stabil dan Dinamis. Jakarta:PT.Indeks

Narwoko, J.Dwi, Bagong Suyanto. 2006. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Edisi kedua, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pelly, Usman. 1998. Urbanisasi dan Adaptasi Peranan Misi Budaya Minangkabau dan Mandailing. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.

Sritimuryati. 2014. Transmigrasi di Lamasi Kabupaten Luwu (1940-2009), Makassar: De La macca.




DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v9i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.