PERAN GANDA ISTRI NELAYAN DALAM KELUARGA DI SUMPANG BINANGAE, KABUPATEN BARRU

Tini Suryaningsi

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang peran istri nelayan dalam sektor domestik dan publik. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa istri nelayan menjalankan dua peran sekaligus dalam kehidupan sehari-harinya. Peran ganda tersebut adalah mengurus rumah tangganya dan membantu suami dalam berusaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Peran istri dalam keluarga adalah mengurus segala kebutuhan sehari-hari suami dan anak-anaknya, sedangkan di sektor publik, istri nelayan bekerja secara nonformal sesuai dengan kemampuannya. Walaupun menjalankan dua peran sekaligus, istri nelayan melakukannya dengan ikhlas demi keluarga dan menghadapi situasi ekonomi sederhana. Dengan menjalankan peran ganda tersebut, setidaknya ada bantuan dana untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Keywords


peran ganda; istri nelayan; peningkatan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Budiman, Arif. 1985. Pembagian Kerja Secara Seksual. Jakarta: Gramedia,

Handayani & Ni Wayan Putu Artini. 2009. “Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pembuat Makanan Olahan Terhadap Pendapatan Keluarga” dalam Jurnal Piramida. Vol.2 No.1. Hal. 1-9.

Online: https://ojs.unud.ac.id diakses tanggal 24 Februari 2016

Haviland W. 1993. Antropologi Jilid ll. Jakarta: Erlangga.

Koentjaraningrat. 1992. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat Kasnawi, Tahir. 2000. Manusia, Kebudayaan dan Pembangunan. Makassar: Laboratorium Pembangunan Masyarakat, Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin.

Kusumawati, Yunita. 2012. “Peran Ganda Perempuan Pemetik Teh dalam Jurnal Komunikasi Volume 4 nomor 2, hal: 157- 167. Online: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas diakses tanggal

Maret 2017.

Mosses, Julia Cleves. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salaa, Jeiske. 2015. “Peran Ganda Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Tarohan, Kecamatan

Beo, Kabupaten Kepulauan Talaud” dalam Jurnal Holistik. Tahun VIII No.15. Hal. 1-16. Online: https://ejournal.unsrat.ac.id diakses tanggal 1 Desember 2015.

Sudarwati, Lina. 2003. Wanita dan Struktur Sosial (Suatu Analisa Tentang Peran Ganda Wanita Indonesia. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Online: library.usu.ac.id

diakses tanggal 5 Oktober 2017.

Wibowo, Dwi Edi. 2011. “Peran Ganda Perempuan dan Kesetaraan Gender” dalam Jurnal Muwazah Vol.3 No.1. Hal. 356-364. Online: e-journal.iainpekalongan. ac.id diakses tanggal 15 April 2016.




DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v9i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.