PERTUNJUKAN BARONGSAI PADA CAP GO MEH OLEH MASYARAKAT TIONGHOA DI KOTA MAKASSAR

Irwan Irwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang uraian prosesi Cap Go Meh tahun 2018 yang mempertunjukkan barongsai masyarakat Tionghoa di Kota Makassar dan uraian bentuk penyajiannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh secara terperinci melalui observasi, wawancara dengan informan yang akan memberi informasi tentang pertunjukan dan prosesi Cap Go Meh, dan dokumentasi untuk memperkuat wawancara yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosesi Cap Go Meh tahun 2018 di Kota Makassar meliputi (1) ibadah Cap Go Meh, (2) Jappa Jokka, (3) wisata Kota Tua, dan (4) arak-arakan. Sementara itu, bentuk penyajian Cap Go Meh tahun 2018 di Kota Makassar meliputi: (1) gerakan yang menggunakan enam gerak dasar wushu, yaitu Mashe (kuda-kuda pertama), Pan Mashe (kudakuda kedua), Kungshe (kuda-kuda ketiga), Siashe (kuda-kuda bawah), Jien Tienfuk (kuda-kuda atas), dan Tu Lik (kuda-kuda terakhir); (2) penari yang berjumlah empat orang, dua untuk penari depan dan dua untuk penari belakang yang berjenis kelamin laki-laki dan tiada batas umur; (3) pola lantai yang digunakan adalah barongsai merah mengajak barongsai kuning untuk menghibur masyarakat yang hadir dalam acara Jappa Jokka Cap Go Meh, para barongsai mengajak warganya untuk merayakan tahun baru Imlek bersama-sama; (4) Iringan musik yang digunakan adalah tambur atau khu, ceng atau ba, dan tung atau ling; (5) tata rias dan busana pertunjukan barongsai yang digunakan adalah topeng yang menyerupai singa; (6) tempat pertunjukan barongsai adalah halaman depan Klenteng Xiang Ma; dan (7) pertunjukan barongsai tidak menggunakan properti.

Keywords


Tionghoa; Barongsai; pertunjukan

Full Text:

PDF

References


Cahyono, Indra. 2011. Upaya Masyakat Etnis Tionghoa dalam Melestarikan Tradisi Cap Go Meh di Pecinaan Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Lathief, Halilintar. 2016. Panduan Penulisan Proposal dan Laporan Skripsi. Yogyakarta: Padat Daya.

Lievender, David. 2015. “Ritual Perayaan Imlek Etnis Tionghoa di Kota Toli-Toli”. Student Jurnal. Universitas Kristen Vetra.

Soedarsono. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Sumaryono & Suanda Endo. 2006. Tari Tontonan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Wirawan, Yerry. 2013. Sejarah Masyarakat Tionghoa Makassar. Yogyakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v10i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.