STRATEGI ADAPTASI NELAYAN TRADISIONAL DI DESA SUMARE KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT

Hasmah Hasmah

Abstract


Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat merupakan sebuah wilayah yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian nelayan. Gambaran kemiskinan nelayan di Desa Sumare dapat dilihat dari kondisi rumahnya yang berdinding bambu, berlantai tanah, serta keterbatasan fasilitas dan perabot rumah tangga. Identifikasi lain yang menonjol di kalangan nelayan miskin di Desa Sumare adalah rendahnya tingkat pendidikan anak-anak, pola konsumsi sehari-hari, dan tingkat pendapatan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperti transkrip wawancara, catatatan lapangan, gambar, dan rekaman video untuk menjelaskan secara menyeluruh mengenai strategi adaptasi yang dilakukan dalam menghadapi kondisi kemiskinan masyarakat nelayan di Desa Sumare. Strategi adaptasi yang dilakukan para nelayan dimulai dari pagi hingga siang. Kegiatan nelayan setelah melaut adalah melakukan kegiatan rutin, seperti membenahi peralatan tangkap dan menjual hasil tangkapannya di pinggir pantai atau koperasi TPI. Diversifikasi usaha untuk membantu keadaan ekonomi nelayan, memberikan peran anggota keluarga untuk ikut berpartisipasi atau pola nafkah ganda, dan jaringan sosial dimanfaatkan untuk memberi ruang ekonomi agar dapat bertahan, seperti kegiatan utang piutang melalui peran modal sosial yang telah tertanam pada masyarakat Desa Sumare.

Keywords


Kemiskinan; strategi adaptasi; rumah tangga nelayan

Full Text:

PDF

References


Ginkel, Rob Van. 2007. Coastal Cultures: An Antrhropology of Fishing and Whaling Traditions. Apeldoorn: Het Spinhuis Publisher.

Haryanto, Sindung. 2011. Sosiologi Ekonomi. Yogyakarta: Arruz Media.

Havilland, William A. 1985. Antropologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan (Kemiskinan dan Perebutan Sumber DayaAlam). Yogyakarta: LKIS.

Marshal, Catherine & Gretchen B Rossman. 1995. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication Inc.

Poerwandari, K. 1998. Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: LP3ES.

Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

T.O. Ihromi. 2004. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor

Van Tilburg A.,E.Udong., dan A.Niehof.2009. Struggle for Survival: Women Fish Traders Fighting and Cultural Contrainsts in Fishing Communities in the Niger Delta, Nigeria. The University of Hamburg.




DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v9i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.