DINAMIKA PEMBELAJARAN K13 SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA KENDARI (2013-2019)

Sahajuddin Sahajuddin

Abstract


Kajian ini menguraikan tentang dinamika pembelajaran kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Kendari. Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang menjelaskan persoalan berdasarkan perspektif sejarah, khususnya pendekatan sejarah lisan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran K13 di tingkat SMA Kota Kendari belum terlaksana secara maksimal. Penyebabnya dapat bermacam-macam, mulai dari sosialisasi yang kurang efektif karena mementingkan penyelesaian program sosialisasi dari pada substansi proses output-nya, sistem penilaian yang terlalu banyak sehingga syarat modifikasi, kebijakan pemerintah daerah, serta persoalan lainnya yang berproses dalam dinamika pendidikan. Tetapi di lain pihak, ada inisiatif yang kreatif dari pihak sekolah dan masyarakat walaupun belum berkesinambungan dan menyeluruh setiap sekolah. Sekolah memiliki Komite Sekolah dan MGMP, dimana persoalan pengembangan pembelajaran K13 mampu diminimalisir. Dan semua itu berproses dalam dinamika yang haruskan adanya pembenahan kurikulum 2013. Selain perlunya pengembangan dan pemenuhan kompetensi guru sebelum bertugas oleh pemerintah. Kemudian dalam proses belajar-mengajar diperlukan adanya pembelajaran yang berbasis kemitraan, dan berusaha mewujudkan idealitas sistem pendidikan nasional Indonesia.

 


Keywords


Dinamika, Pembelajaran, Kurikulum 2013, Kemitraan, dan Idealitas



DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v11i1.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.